Jumat, 28 Mei 2010

Kecermatan dan Ketelitian Bagi Profesi di Bidang Hukum

Salah satu sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang yang akan terjun di bidang hukum, adalah ketelitian dan kecermatan. Meskipun hal ini tampak lazim dalam segala bidang dan pekerjaan, dimana setiap orang akan dituntut untuk teliti dan cermat. Namun untuk bidang hukum (paling tidak menurut penulis) adalah bidang yang menuntut lebih pada sikap-sikap tersebut.

Profesi di Bidang hukum memang tidak akan lepas dari hal-hal yang bersifat analitis, teoritis, logis, sistematis, dan bahkan tidak terkecuali administratif. Jadi jika selama ini anda merasa bahwa anda sama sekali jauh dari sikap-sikap semacam itu, ada baiknya anda berfikir kembali, apakah terus melanjutkan karir anda di profesi yang berkaitan dengan bidang hukum, atau memilih karir lain yang lebiih anda sukai (karena anda merasa enjoy).

Beberapa teman dan mereka yang berpengalaman pernah mengatakan dan menasehati pada junior/adik angkatan mereka bahwa, menjadi sarjana hukum tidak selalu berarti bahwa kita harus terjun pada profesi-profesi yang berkaitan langsung dengan ilmu hukum. Pada dasarnya semua pekerjaan itu baik jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, dan sebaliknya tidak ada pekerjaan yang baik yang dilakukan dengan keterpaksaan (apalagi keterpaksaan dari orang lain). Dalam berkarir sebaiknya kita memikirkan “apa yang mungkin dan ingin” untuk kita perbuat dan bukan “apa yang sebaiknya”.

Sebagian orang (meskipun ia sarjana hukum) tidak menyukai hal-hal yang bersifat administatif (kebanyakan kita mungkin begitu). Jika anda salah seorang yang tidak menyukai administrasi maka tidak seharusnya anda melamar pekerjaan di bagian administrasi hukum. Bahkan jika anda bekerja di bagian hukum (menjadi staf hukum) saja anda sedikit banyak akan berhubungan dengan hal-hal yang bersifat administratif. Namun itu mungkin masih bisa anda tolerir karena administratif bukan tanggungjawab utama anda. Sebaliknya, hal itu akan menjadi tugas dan wewenang penuh anda ketika anda melamar di posisi staf administrasi hukum.

Anda tidak mungkin akan pernah menjadi yang terbaik di tempat di mana anda sendiri tidak dapat mencintai pekerjaan anda. Kecintaan pada apa yang anda lakukan saat ini itulah sedikit gambaran dan petunjuk tentang karir anda yang sebenarnya. Coba sekarang anda amati kembali, siapa diri anda, apa yang benar-benar anda inginkan (karir), pikirkanlah tanpa terlebih dahulu memikirkan uang. Mudah-mudahan anda diberikan petunjuk pada profesi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar