Jumat, 28 Mei 2010

Sarjana Hukum Mudah Terserap Kerja

Pelepasan Calon Wisudawan FH UPSTEGAL

- Dunia kerja yang kompetitif dan penuh persaingan cukup ketat, serta kondisi pengangguran cukup banyak, hendaknya tidak membuat keder lulusan fakultas hukum.

’’Sebab, lulusan fakultas hukum yang bergelar sarjana hukum (SH), sebenarnya mudah terserap pasar kerja’’.

Penegasan itu diungkapkan mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tegal Gufron Irawan SH MH, saat orasi ilmiah pelepasan calon wisudawan dan temu alumni Fakultas Hukum Universitas Panca Sakti (FH UPS) Tegal, di Cancer Hall, Karlita International Hotel, Sabtu (28/2).

Orasi ilmiah tanpa teks, bertema prospek sarjana hukum dalam persaingan dunia kerja, disampaikan dengan gaya bahasa cukup komunikatif. Gufron yang kini menjabat Sekretaris Dishub Kominfo, Kabupaten Tegal, hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk membedah persoalan dunia ketenagakerjaan.Pernyataan itu, sekaligus pula menjadi jawaban atas fakta yang disodorkan Dekan FH UPS, Hamidah Abdurrachman SH MHum, soal persaingan dunia "kerja dan tingginya angka pengganguran. ’Lulusan Fakultas Hukum UPS hendaknya benar-benar berkualitas. Sehingga bisa unggul dalam persaingan di dunia kerja yang kian ketat,’’ ucap Hamidah.

Lebih Fleksibel Gufron menambahkan, kualitas dan kemampuan keilmuan seorang sarjana hukum sebenarnya lebih fleksibel dibanding sarjana lainnya. Dia bisa bekerja di segala bidang.Sebab, lanjut dia, bidang apa pun membutuhkan kemampuan serapan ilmu hukum. Apalagi Indonesia adalah negara hukum, sudah barang tentu aturan hukum akan menjadi lahan empuk para sarjana hukum.’’

Karena sarjana hukum mudah terserap berbagai lapangan pekerjaan, yang perlu diperhatikan adalah persoalan kualitas. Hendaknya setelah lulus S1 bisa meningkatkan kualitasnya ke bidang keilmuan yang mengarah ke profesi, seperti pengacara atau advokat. Juga dapat meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi seperti S2 dan S3,’’ tandas dia.
Orasi juga dihadiri Rektor UPS Prof Dr Tri Jaka Kartana MSi, Sekretaris YPP Eddhie Praptono SH MH, civitas akademika, alumni Fakultas Hukum dan para orang tua calon wisudawan. Rencananya sebanyak 86 calon wisudawan Fakultas Hukum akan mengikuti wisuda universitas pada 15 Maret mendatang. Universitas itu total akan mewisuda 1.500 sarjana S1 dari berbagai fakultas. (D12-15).

diposkan di Suara Merdeka.com
Pada 02 Maret 2009,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar